Feed

17 Mar 2018

DOSIS IMUNISASI BCG

Berapakah dosis untuk imunisasi BCG?

Imunisasi atau vaksin BCG adalah imunisasi yang bertujuan untuk mencegah terjangkitnya penyakit tuberkulosis. Waktu pemberian imunisasi BCG adalah sedini mungkin setelah kelahiran dari umur 1 bulan sampai 3 bulan.

Vaksin BCG biasanya dalam bentuk vial, berisi bubuk kering bakteri yang sudah dilemahkan. Bubuk ini harus dianjurkan menggunakan cairan pelarut sebanyak 4 cc. Setelah dihancurkan vaksin disuntikkan ke dalam kulit lengan kanan. Karena di dalam kulit maka tipis sekali. Jarum yang digunakan juga sangat kecil. Adapun dosis imunisasi BCG yang disuntikkan adalah sebesar 0,05 cc atau mililiter.

Dosis vaksin BCG sangat kecil oleh karena itu harus dipastikan benar bahwa suntikan benar-benar masuk ke dalam kulit. Jika tidak maka vaksin akan terbuang percuma dan anak tidak akan terlindungi dari penyakit tuberkulosis.




Terima kasih sudah membaca artikel "DOSIS IMUNISASI BCG", semoga bermanfaat :)

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. Caranya, cukup KLIK disini. Terima kasih ...

Baca juga:

    0 komentar:

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam situs IlmuDokter.Com hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasehat, pemeriksaan, diagnosis dan pengobatan yang dilakukan oleh dokter atau tenaga profesional medis lainnya. Semua informasi mengenai obat-obatan, terapi alternatif, suplemen makanan, dan lain-lain hendaknya tidak digunakan untuk mencegah atau mengobati penyakit. Jika Anda mempunyai masalah medis atau butuh nasehat medis, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Kami juga menganjurkan Anda untuk mencari informasi pembanding (second information) terhadap informasi yang ada dalam situs ini. Terima Kasih :)