Feed

26 Feb 2018

INILAH GEJALA MALARIA YANG PERLU ANDA KETAHUI

Malaria merupakan penyakit kuno, walaupun demikian sampai saat ini masih belum bisa diberantas.

Jika suatu waktu Anda atau orang yang Anda kenal baru saja datang dari bepergian di daerah yang banyak malarianya, maka curigai menderita malaria jika mempunyai gejala-gejala berikut.
  1. Demam menggigil, disertai sakit kepala. Demam biasanya mempunyai jadwal, bisa per 24 jam, per 48 jam, atau per 72 jam, tergantung jenis malaria yang menyerang. Apakah malaria vivax, falciparum, malariae, atau knowlesi.
  2. Badan lemas dan loyo
  3. Otot dan persendian sakit

Kadang-kadang gejala di atas disertai juga gejala malas makan, mual muntah, diare, dan badan warna kuning.

Bagi orang yang daya tahan tubuhnya bagus, gejala malaria biasanya tidak terlalu nampak. Tapi kalau diraba hepar (hati) nya, akan terasa adanya pembesaran.

Pada beberapa orang, malaria dapat menyebabkan penyakit yang sangat berat. Gejala-gejala malaria berat antara lain:
  • Tidak sadarkan diri (malaria otak)
  • Anemia berat
  • Gangguan pernapasan
  • Gagal ginjal


Terima kasih sudah membaca artikel "INILAH GEJALA MALARIA YANG PERLU ANDA KETAHUI", semoga bermanfaat :)

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. Caranya, cukup KLIK disini. Terima kasih ...

Baca juga:

    0 komentar:

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam situs IlmuDokter.Com hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasehat, pemeriksaan, diagnosis dan pengobatan yang dilakukan oleh dokter atau tenaga profesional medis lainnya. Semua informasi mengenai obat-obatan, terapi alternatif, suplemen makanan, dan lain-lain hendaknya tidak digunakan untuk mencegah atau mengobati penyakit. Jika Anda mempunyai masalah medis atau butuh nasehat medis, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Kami juga menganjurkan Anda untuk mencari informasi pembanding (second information) terhadap informasi yang ada dalam situs ini. Terima Kasih :)